Google
 

Wednesday, July 11, 2007

Jangkauan Bluetooth Lampaui 1 km

from detikinet.com:

Jangkauan menerima sinyal dari perangkat Bluetooth biasanya hanya berjarak beberapa meter, atau paling jauh mungkin sampai 100 meter. Namun, kini ada Bluetooth yang mampu menjangkau dari jarak 1000 meter alias 1 kilometer (km).

Cellular News yang dikutip detikINET, Kamis (12/7/2007) melansir, modul Bluetooth wireless ini dibuat oleh EZURIO dan berukuran sebesar kartu pos serta dilengkapi antena.

Pihak perusahaan mengatakan, alasan dibuatnya Bluetooth BISM II PA -- nama alat tersebut -- adalah untuk mengubah persepsi bahwa penggunaan Bluetooth hanya untuk jarak pendek. "Sudah terlalu lama kekecewaan dan banyak komentar terhadap Bluetooth yang hanya disebut teknologi berjarak pendek," ujar Nick Hunn, chief technology officer EZURIO.

Meski demikian, Chief Executive Officer EZURIO Chris Shannon mengatakan, meski jangkauan 1 km akan memanjakan konsumen dalam memenuhi kebutuhan transfer data, namun mereka tidak bisa mengharapkan koneksi serupa jika menggunakan alat ini di dalam gedung.

"Banyak pengunaan Bluetooth di dalam gedung ataupun area yang konstrain dimana lingkungannya selalu berubah, akan mengakibatkan pantulan sinyal radio," ujarnya.

Sayangnya, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai berapa kecepatan transfer data yang dihasilkan dan harga yang dibanderol Bluetooth ini.
(ash/ash)

No comments: